sebenarnya apa sih itu e-marketplace ????
e- Marketplace
adalah pasar virtual di mana pembeli dan pemasok bertemu untuk bertukar
informasi tentang produk dan layanan penawaran, dan untuk bernegosiasi dan
melakukan transaksi bisnis (Archer dan Gebauer 2000). Selanjutnya, di era
internet dan dengan munculnya teknologi informasi dan komunikasi baru,
marketplace adalah sistem informasi berbasis web, di mana beberapa pemasok dan
beberapa pembeli dapat melakukan transaksi bisnis melalui internet (Russ 2001,
2) . Marketplace menggunakan
teknologi Internet dan standar untuk mendistribusikan data produk dan untuk
memfasilitasi transaksi online (Segev dan lain-lain 1999, 138).
e-Marketplace merupakan
media online berbasis internet (web based) tempat melakukan kegiatan bisnis dan
transaksi antara pembeli dan penjual. Pembeli dapat mencari supplier sebanyak
mungkin dengan kriteria yang diinginkan, sehingga memperoleh sesuai harga
pasar.Sedangkan bagi supplier/penjual dapat mengetahui perusahaan-perusahaan
yang membutuhkan produk/jasa mereka.Keberhasilan e-marketplace tergantung pada keuntungan bersih yang dirasakan
pembeli dan pemasok. Dari sudut pandang ekonomi biaya transaksi, teknologi
informasi membantu untuk mengurangi biaya transaksi, risiko, dan
mengkoordinasikan biaya e-marketplaces
(Clemons dan lain-lain 1993).
Nah sekarang tinjauan pustaka saya tentang e-marketplace.....
Berdasarkan penelitian Hanyang Luo, Xudong lin, Sai
Wang (2010) terhadap 318 responden dalam mengetahui kepercayaan pada C2C
E-marketplace salah satu faktornya yaitu
Persepsi efektivitas layanan pihak ketiga escrows bisa memecahkan banyak
masalah ketidakpastian bagi pembeli dan membangun kepercayaan di marketplace.
Efektivitas layanan pihak ketiga escrows mampu menjamin bahwa transaksi penjual
dan pembeli di marketplace akan terpenuhi sesuai dengan kepercayaan pada C2C
E-marketplace.
Menurut Janita dan
Miranda (2013) kualitas pelayanan sangat penting diimplementasikan pada e-marketplace dengan empat faktor yaitu realibility dan privacy, efisiensi, value
added service, dan information
usefulness. Dasar dari penelitian ini
adalah analisis data empiris yang disediakan oleh 197 pengguna e-marketplace
Spanyol. Semua variabel diambil memiliki dampak positif yang signifikan pada
variable, khususnya variable keandalan dan privasi menjadi pengaruh terbesar
untuk meningkatkan layanan yang diberikan kepada pengguna.
Pada penelitian Hongxiu Li dan Reima Suomi (2009)
dalam mengukur service quality pada e-marketplace yaitu dengan mengusulkan 8
skala dimensi yaitu Situs Web desain, kehandalan,
pemenuhan, keamanan, daya tanggap, personalisasi, informasi dan empati.
Pada
penelitian Gwo-Guang Lee dan Hsiu-Fen
Lin (2005) analisis menunjukkan bahwa dimensi desain situs web, keandalan, responsif,
dan kepercayaan mempengaruhi kualitas layanan secara keseluruhan dengan
dilakukan survei 297 konsumen online bookstore yang digunakan untuk menguji model
penelitian
sampai disini dulu yaaah
Gbu all
Tidak ada komentar:
Posting Komentar