Kamis, 08 September 2016

e-marketplace

Hello saya mau share tentang tesis saya yaitu tentang e-marketplace lebih tepatnya saya menganalisis service quality di e-marketplace indonesia tapi perusahaannya rahasia yaaaah hee

sebenarnya apa sih itu e-marketplace ????

 e- Marketplace adalah pasar virtual di mana pembeli dan pemasok bertemu untuk bertukar informasi tentang produk dan layanan penawaran, dan untuk bernegosiasi dan melakukan transaksi bisnis (Archer dan Gebauer 2000). Selanjutnya, di era internet dan dengan munculnya teknologi informasi dan komunikasi baru, marketplace adalah sistem informasi berbasis web, di mana beberapa pemasok dan beberapa pembeli dapat melakukan transaksi bisnis melalui internet (Russ 2001, 2) . Marketplace menggunakan teknologi Internet dan standar untuk mendistribusikan data produk dan untuk memfasilitasi transaksi online (Segev dan lain-lain 1999, 138).

e-Marketplace merupakan media online berbasis internet (web based) tempat melakukan kegiatan bisnis dan transaksi antara pembeli dan penjual. Pembeli dapat mencari supplier sebanyak mungkin dengan kriteria yang diinginkan, sehingga memperoleh sesuai harga pasar.Sedangkan bagi supplier/penjual dapat mengetahui perusahaan-perusahaan yang membutuhkan produk/jasa mereka.Keberhasilan e-marketplace tergantung pada keuntungan bersih yang dirasakan pembeli dan pemasok. Dari sudut pandang ekonomi biaya transaksi, teknologi informasi membantu untuk mengurangi biaya transaksi, risiko, dan mengkoordinasikan biaya e-marketplaces (Clemons dan lain-lain 1993).
Nah sekarang tinjauan pustaka saya tentang e-marketplace.....

Berdasarkan penelitian Hanyang Luo, Xudong lin, Sai Wang (2010) terhadap 318 responden dalam mengetahui kepercayaan pada C2C E-marketplace salah satu faktornya  yaitu Persepsi efektivitas layanan pihak ketiga escrows bisa memecahkan banyak masalah ketidakpastian bagi pembeli dan membangun kepercayaan di marketplace. Efektivitas layanan pihak ketiga escrows mampu menjamin bahwa transaksi penjual dan pembeli di marketplace akan terpenuhi sesuai dengan kepercayaan pada C2C E-marketplace.

Menurut Janita dan  Miranda (2013) kualitas pelayanan sangat penting diimplementasikan pada e-marketplace dengan empat faktor yaitu realibility dan privacy, efisiensi, value added service, dan information usefulness.  Dasar dari penelitian ini adalah analisis data empiris yang disediakan oleh 197 pengguna e-marketplace Spanyol. Semua variabel diambil memiliki dampak positif yang signifikan pada variable, khususnya variable keandalan dan privasi menjadi pengaruh terbesar untuk meningkatkan layanan yang diberikan kepada pengguna.

Pada penelitian Hongxiu Li dan Reima Suomi (2009) dalam mengukur service quality pada e-marketplace yaitu dengan mengusulkan 8 skala dimensi yaitu  Situs Web desain, kehandalan, pemenuhan, keamanan, daya tanggap, personalisasi, informasi dan empati.

Pada penelitian Gwo-Guang Lee dan  Hsiu-Fen Lin (2005) analisis menunjukkan bahwa dimensi desain situs web, keandalan, responsif, dan kepercayaan mempengaruhi kualitas layanan secara keseluruhan dengan dilakukan survei 297 konsumen online bookstore yang digunakan untuk menguji model penelitian

sampai disini dulu yaaah 

Gbu all 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar